PhotoView 360

Salah satu inovasi baru yg paling saya suka di solidworks 2009 adalah PhotoView 360. Apa ini ? Apa Fungsinya ? Nah, PhotoView 360 adalah software baru yg dikembangkan oleh Dassault Systemes SolidWorks Corp. ( sebelumnya SolidWorks Corp red. ) bekerja sama dgn Luxology, sebuah perusahaan yg mengembangkan modo. Engine yg ditanamkan pada PhotoView 360 adalah engine yg sama dipakai oleh Modo, yaitu Nexus. Nexus sendiri sebenarnya engine untuk polygon modeling dan rendering. Apakah solidworks suatu saat juga akan mengembangkan fiture yg berbasis polygon ? Belum ada pernyataan resmi dari solidworks.


Berikut ini adalah toolbar yg sangat elegan dari PV 360. Kesan yg muncul ketika pertama kali membuka PV 360 selain toolbar yg elegan adalah kesan sederhana. Seringkali software untuk rendering memiliki cukup banyak icon yg tidak mudah untuk dipelajari.


Ketika kita klik icon Material yg ada di toolbar, maka akan muncul window baru yg berisi database material yg ada di PV 360. Material yg tersedia cukup lengkap mulai dari Metal, Plastic, Organic, dsb. Window Material ini bisa juga kita tempatkan selalu disebelah kanan render area.


Tampilan di samping adalah window dari Environment HDRI yg sudah siap pakai. Jadi kita tinggal pilih saja suasana yg kita inginkan. Jika diperlukan kita bisa juga rotate Environment yg untuk mendapatkan tampilan di PV 360 yg paling optimal.

Kesimpulan saya, software rendering yg satu ini jauh lebih mudah dipakai dan memberikan hasil yg sangat memuaskan dibanding PhotoWorks.

Ingin tahu lebih detil ? silakan coba sendiri, karena PV 360 sudah tersedia bagi anda yg punya solidworks 2009 versi Pro maupun Premium.

Comments :

0 komentar to “PhotoView 360”

Post a Comment